Copyright © It's Fadhli's Lalaland
Design by Dzignine
Senin, 24 Maret 2014

REVIEW : J-Dorama - Densha Otoko

gua dan kakak gua adalah orang yang lumayan suka nonton film. walaupun ga sehafal temen gua yang freak movie sampe nama-nama artisnya hafal, gua juga ngerti beberapa artis bollywood lah.. eh masksud gua hollywood.. kita biasa mampir ke kaskus buat nyari agan2 jual dvd buat kita borong lapaknya. kemarin, pas bokap nyokap umroh, kakak gua pesen dvd. lalu gua nitip ikutan beli dvd j-dorama tapi ga bayar ke kakak gua, dengan dalih waktu itu ga ada uang. sampe sekarang juga ga ada uang. walaupun dompet gua isinya 1 juta juga tetep gua bilang ga ada uang kalo ditagih kakak gua.. makanya sering dibilang orang pelit.. yah, namanya juga jurusan bau-bau ekonomi.. diantara dvd-dvd yang gua pesen itu, ada yang judulnya Densha Otoko, yang juga mau gua buat review sekarang ini. monggo disimak, jangan bosen ya, no refund kalo bosen..

Densha Otoko
ini posternya, ceweknya cantik gila broh *drooling*
densha otoko, ato train man, adalah cerita nyata yang diangkat dari pembicaraan/chat di internet. tahun 2004 chat nya kejadian, 2005 langsung dibuat dramanya dan filmnya. udah dibuat manganya juga. tapi sampe sekarang ga ada yang tau siapa sebenarnya densha otoko ini, kayak gimana muka ceweknya, siapa temen-temen chatnya. sayang ya, padahal pasti orang-orang pada penasaran setengah idup sama si densha otoko ini. tapi yah, gimana lagi.. btw, chatnya si densha otoko dan teman2nya masih disimpen loh di sebuah fan site, ada di sini (itu sitenya bahasa jepang, kalo mau yang bahasa inggris ada di sini)

Yamada Tsuyoshi (Ito Atsushi) umurnya 23 tahun, menjomblo udah seumurnya dia sendiri (which is mean jomblonya udah 23 tahun) itu seorang otaku kelas kakap yang suka muter2 di akihabara yang notabene adalah kota pecinta anime. dandanannya yang pake kemeja dikancing sampe atas, trus dimasukkin ke celana, berkacamata, dan bawa tas ransel dengan gantungan anime dari a sampe z adalah dandanan otaku versi berat yang udah jadi ciri khas dia. suatu ketika, sepulang dari akihabara, dia satu kereta sama Aoyama Saori (Ito Misaki) yang waktu itu baru aja pulang dari pesta. di tengah jalan, ada bapak2 mabok masuk dari gerbong sebelah gangguin orang2 di gerbong yang ada isinya si tsuyoshi sama saori ini. pas bapak2 sarap ini gangguin si saori, semua penumpang sok sibuk sendiri, pura-pura ga ada yang liat. tapi lalu, dengan suara gemetar, tyusoshi menghentikan serangan maut bapak2 idiot ini. walaupun ga berjalan mulus sih.. dan dari situ mereka mulai date.. nice desu! dan orang2 macam tsuyoshi ini susah buat ngomong langsung sama orang, jadi dia biasanya chattingan di forum2. nah untuk date sama saori ini tsuyoshi curhat ke inet ke orang2 yang anonymous yang bakal ngedukung dia buat pacaran sama si hermes ini. hermes itu panggilanya orang2 di chat nya itu buat si ceweknya densha otoko ini.

genre nya dari drama ini itu komedi romance. gua prefer nonton drama2 dan film2 kayak gini daripada harus nonton thriller ato horror. gua liat nyamuk dibunuh aja koma 3 hari apalagi liat film yang ada orang kepalanya ilang.. kebanyakan drama2 jepang yang bilang genrenya komedi itu gua ga dapet unsur komedinya di mana. jadi sering nonton film joke tapi ga ketawa. ga tau gua yang idiot ga nyambung2 apa emang writernya yang fail nulis jokenya. tapi drama satu ini bener2 bikin gua ketawa sampe ga ada suaranya. si ito atsushi, pemerannya densha otoko ini pas banget imej nya jadi otaku, trus dipasangin sama ito misaki lagi, mereka berdua tingginya kan beda (tinggian si ceweknya), jadi gua liat bener2 kayak semacam beauty and the beast gitu lah.

kalo boleh ngomong, untuk plotnya awalnya masih burem2 di otak gua, tapi lama2 makin jelas, makin jelas, ujungnya bisa ditebak bakal kemana. walaupun udah bisa ditebak, drama ini masih top markotop buat ditonton. drama ini mengandung pelajaran yang sangat berharga. contohnya, cowok nerd macam densha otoko pun bisa punya cewek cantik macam hermes. densha otoko aja bisa, kenapa gua ga bisa? gua juga bisa dapet cewek cantik! gua bakal cari cewek cantik buat dijadiin pacar sekarang! *ditabok pacar bolak balik* anyhow, seperti yang gua bilang, cerita ini adalah cerita nyata, jadi kebanyakan kejadian2 scene antara hermes dan densha otoko bener2 nyata adanya. dan kata2nya yang dipake di dramanya diambil di chat nya densha otoko ini.

sebetulnya kalo ga suka lama nontonnya drama ini tapi pengen tau ceritanya tentang si densha otoko ini bisa langsung nonton movie nya aja. tapi di movie ini ga terlalu detail dan menurut gua pemerannya ga terlalu dapet perannya, yang cowok terlalu ganteng, yang cewek bukannya cantik, tapi manis. gua lebih prefer nonton drama nya. dan buat drama ini udah dibuat 2 spesial. tentu aja spesial dari ini ga kejadian beneran sama the real densha otoko, tapi karena rating dramanya tinggi ya jadi dibuatlah spesialnya. spesial yang pertama cuma alternatif ending dari seri dramanya yang disiarkan oktober di tahun yang sama, 2005. yang kedua dibuatnya tahun 2006, ceritanya tentang kelanjutan dari ending densha otoko ini. sebetulnya urutan keluarnya di jepang itu movie terus drama trus sp 1 trus sp 2, tapi lo mau saran yang agak kurang baik dari gua, mending nontonnya drama dulu, trus sp 1, sp 2 baru movienya. karena kalo nonton movie nya baru nonton dramanya itu lo udah tau garis besarnya nanti, bikin ga seru, jadi mending nonton drama nya dulu aja. movienya buat gua pribadi bikin ngantuk. entah karena udah tau jalan ceritanya apa ceritanya kurang ditampilin secara sedikit lebih kompleks. yang pasti gua nguap beberapa kali pas nonton movienya. 

yang cowok ga cocok jadi otaku, yang cewek.....no comment deh..

sedikit trivia, pemeran densha otoko di movienya ini muncul di episode pertama di versi dramanya. trus pemeran densha otoko dan hermes di dramanya muncul sedikit di movienya ini. lol, dibalik2 wae. after all, ini drama yang yahud banget menurut gua, awalnya mungkin agak membosankan (kalo kata orang bilang), tapi kalo diikutin terus lama2 asik kok, bikin penasaran, bikin pengen teriakin si densha otoko buat terus melaju mengejar impian, eh salah, maksudnya hermes. yah itu sih menurut gua, secara setiap orang seleranya beda2 kan. puas ketawa.

 7.7/10
"dorama yang bikin jones semangat buat cari cewek, laughable"